Senin, 01 Juli 2013

Tugas 1 Perekonomian Indonesia_SEBERAPA EFEKTIFKAH BLSM UNTUK RAKYAT DENGAN KENAIKAN BBM?

SEBERAPA EFEKTIFKAH BLSM UNTUK RAKYAT DENGAN KENAIKAN BBM?


Pada bulan Juni di tahun 2013 ini seluruh masyarakat khususnya di Indonesia di hebohkan dengan adanya kenaikan harga BBM yang di lakukan oleh pemerintah. Tujuannya adalah membatasi konsumsi BBM di negara Indonesia ini, agar tidak terjadinya defisit Anggaran pendapatan dan Belanja negara atau mungkin bisa kita sebut dengan APBN. Langkah kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM ini tentu saja akan semakin membebani dan mempersulit masyarakat menengah ke bawah disaat kemiskinan di negara ini masih saja belum dapat diatasi. dampaknya tentu saja bukan hanya kenaikkan harga BBM namun juga di ikut sertakan dengan adanya kenaikkan harga bahan-bahan pokok dan sebagainya yang mungkin juga akan semakin mencekik rakyat.
Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah mengambil langkah dengan cara memberikan BLSM atau Bantuan Langsung Sementara Masyarakat yang mungkin dulunya bernama BLT atau Bantuan Langsung Tunai. Menurut saya, BLSM ini cukup membantu untuk beberapa kalangan rakyat menengah ke bawah. Namun di sisi lain menurut saya mungkin ini hanyalah akal-akalan pemerintah dalam menutupi kebobrokan pemerintah disaat menaikkan harga BBM saat ini atau mungkin saja ini hanya intervensi yang dilakukan oleh wakil-wakil rakyat di DPR sana. Kemudian yang menjadi kekhawatirkan disini dengan adanya pembagian BLSM sebagai dampak dari kenaikan BBM kepada masyarakat adalah terjadinya penyelewangan dana BLSM tersebut yang justru sengaja dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencari kesempatan disaat seperti ini, sehingga program ini tidak berjalan efektif seperti yang diharapkan.
Secara garis besar saja menurut saya pembagian dana BLSM kepada masyarakat Indonesia tidak berjalan dengan efektif seperti yang diharapkan, karena menurut saya BLSM ini hanya berlaku jika terjadi kenaikan harga BBM. Setelah itu jika masalah kenaikan harga BBM ini sudah tidak terdengar lagi maka penyaluran dana BLSM untuk masyarakat kecil ini tidak berjalan lagi atau mungkin akan  terhenti.

Jadi menurut saya pemerintah memberikan tambahan nominal BLSM atau mungkin lebih baiknya menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat menengah kebawah supaya merekapun setidaknya mengurangi pembebanan yang mereka rasakan disaat kenaikkan harga BBM sudah melonjak.


Sumber: http://ayuyulistiati.blogspot.com/2013/06/efektifkah-blsm-masyarakat-untuk-saat.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar