Kamis, 12 Desember 2013

Tugas Akhir 2- KONSEP INTERAKSI 2 PELAKU (Model sederhana)

KONSEP INTERAKSI 2 PELAKU
(Model sederhana)

            Dalam kegiatan pokok ekonomi, perlu ada nya pelaku ekonomi untuk menjalankan kegiatan tersebut, baik produksi, distribusi maupun konsumsi. Pelaku ekonomi tersebut adalah:
1.      Rumah Tangga
2.      Masyarakat (domestic dan luar negeri)
3.      Perusahaan
4.      Pemerintah/Negara
Dalam menjalani peran nya masing-masing, ternyata keempat pelaku tersebut memiliki interaksi timbal balik, yang bila digambarkan dalam sebuah diagram akan menunjukkan suatu arus melingkar yang membentuk sebuah sistem. Diagram yang menunjukkan interaksi timbal balik antarpelaku ekonomi disebut diagram interaksi pelaku ekonomi (circulair flow diagram).

Terdapat dua model interaksi antar pelaku ekonomi, yakni model sederhana (dua pelaku) dan model lengkap (empat pelaku). Berikut akan dijelaskan interaksi model sederhana (2 pelaku).

Diagram Interaksi Ekonomi Model Sederhana (2 Pelaku):




Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa, perusahaan memerlukan faktor-faktor produksi berupa tanah, bangunan, bahan baku, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan yang diperolehnya dari rumah tangga. Di sini perusahaan dan rumah tangga akan bertemu di pasar input (pasar faktor-faktor produksi). Dari penggunaan faktor-faktor produksi tersebut perusahaan akan memberikan sewa, uang pembelian bahan baku, upah, bunga, dan laba kepada rumah tangga sebagai pemilik faktor-faktor produksi.

Sebaliknya, bila rumah tangga membutuhkan barang dan jasa, rumah tangga akan membelinya dari perusahaan. Di sini, rumah tangga dan perusahaan akan bertemu di pasar output (pasar barang dan jasa). Dalam penjualan barang dan jasa, perusahaan bisa menjualnya sendiri secara langsung atau bisa menggunakan jasa pedagang.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, rumah tangga akan menggunakan pendapatan yang diperolehnya dari perusahaan untuk mengadakan pembelanjaan barang dan jasa. Dari pembelanjaan tersebut maka perusahaan akan memperoleh pendapatan yang pada saatnya nanti akan digunakan untuk membiayai produksi barang dan jasa. Pembiayaan tersebut berbentuk pemberian sewa, uang pembelian bahan baku, upah, bunga, dan laba, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Contoh penerapannya:
1.      Interaksi antara produsen dan konsumen di pasar untuk mencapai kesepakatan harga.
2.      Konsumen rumah tangga membeli kebutuhan sehari-harinya di pasar.


Manfaat diagram pelaku ekonomi bagi masyarakat (rumah tangga) adalah sebagai berikut:
  • Sebagai media untuk mengetahui hak dan kewajiban masyarakat dalam kegiatan ekonomi bila dihubungkan dengan peran perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
  • Sebagai media untuk mengetahui arus barang dan jasa serta faktor-faktor produksi yang terjadi dalam kehidupan.
  • Sebagai alat bantu untuk mengetahui jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat (misalnya, menjadi eksportir atau importir).
  • Sebagai sarana untuk memperluas wawasan.

Sumber:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar