Kamis, 12 Desember 2013

Tugas Akhir 4- Dampak tabungan dan investasi pada LEAKAGE ALIRAN EKONOMI

Dampak tabungan dan investasi pada LEAKAGE ALIRAN EKONOMI

Dengan menggunakan diagram melingkar dengan memperhatikan adanya tabungan, akan dijelaskan mengenai kebocoran atau leakage pada aliran ekonomi.

Biasanya untuk pendapatan dinyatakan dengan symbol huruf Y. Dari gambar di atas terlihat bahwa hubungan antara pendapatan, konsumsi, dan tabungan dapat dituliskan sebagai  Y = C +  S  . Dengan adanya tabungan berarti pengusaha membayar kepada konsumen untuk pembelian factor produksi  (Y) lebih besar daripada yang diterima dari konsumen untuk pembelian barang dan jasa (C). Dengan kata lain biaya pembelian factor produksi lebih besar dari hasil penjualan barang, sehingga ada sebagian keadaan ini produsen dapat melakukan dua hal, yaitu:
a.       Menurunkan harga
b.      Mengurangi produksi sampai sejumlah yang dibeli oleh konsumen.
Apabila alternative pertama yang diambil, diharapkan konsumen membeli lebih banyak sehingga kelebihan produksi dapat dijual. Kadangkala produsen menderita penurunan keuntungan dengan penurunan harga tersebut. Karna keuntungan (dividend) termasuk di dalam pendapatan (Y), maka pendapatan akan mengalami pernurunan. Apabila alternative yang kedua (mengurangi produksi) yang dipilih, maka produsen akan mengurangi pembelian factor produksi. Tindakan ini akan mengurangi pendapatan konsumen. Dengan demikian apakah tindakan yang pertama atau kedua, semuanya akan mengakibatkan penurunan pendapatan (Y).
Penurunan pendapatan ini akan berjalan terus sampai pendapatan (Y) = konsumsi (C), yakni tabungan (S) kembali sama dengan nol.
Dan analisis di  atas nampaknya tabungan menyebabkan kontraksi kegiatan ekonomi. Tetapi di dalam kenyataannya tidak selalu demikian. Dengan adanya lembaga keuangan (bank keuangan) konsumen menabung uangnya di sana, yang kemudian oleh bank dipinjamkan kepada produsen untuk investasi. Pengertian investasi adalah pembelian barang modal, yakni barang yang dipakai untuk menghasilkan barang lain. Kenaikan investasi dapat mendorong kenaikan pendapatan. Apabila tabungan (S) merupakan kebocoran (leakage) dari aliran melingkar, maka investasi (I) merupakan injeksi ke dalam aliran melingkar tersebut. Peranan investasi dalam aliran melingkar dapat digambarkan sebagai berikut:


Injeksi dana investasi memungkinkan produsen menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak. Untuk itu dia akan membeli factor produksi yang lebih banyak juga. Sebagai hasilnya pendapatan konsumen tersebut akan mendorong mereka menambah konsumsi, tabungan atau keduanya. Posisi keseimbangan akan tercapai manakala besarnya injeksi (investasi) sama dengan kebocoran (tabungan).
Hal ini terjadi pada tingkat pendapatan yang lebih tinggi. Tentu saja kenaikan pendapatan tersebut terealisir apabila masih ada factor produksi yang belum digunakan sepenuhnya (masih menganggur). Jika tidak ada factor produksi yang menganggur, tambahan investasi akan mengakibatkan kenaikan harga saja (inflasi).
Hubungan antara tabungan dan investasi adalah sebagai berikut. Apabila tabungan lebih besar daripada investasi maka dampaknya akan menurunkan pendapatan, sebaliknya apabila investasi lebih besar dan tabungan kegiatan ekonomi cenderung meningkat. Keseimbangan ekonomi akan terjadi apabila tabungan tabungan sama dengan investasi.

Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar